Jumat, 25 Mei 2012

RPBK aspek Belajar

Rencana Pelaksanaan Bimbinagan Konseling (RPBK) Sekolah : SMA N 2 BOJONEGORO Kelas/ Semester : XI/Ganjil Alokasi Waktu : 1 X 45 menit Topik/ Materi : MembuatBukuCatatanTugas“Task Shedule” Tugas perkembangan : Mengembangkankemampuankognitif Bidang Bimbingan : Bimbingan Belajar Fungsi Bimbingan : Fungsi pemahaman dan pencegahan Jenis Layanaan : Layanan Informasi I. Starndar Kompetensi : Siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pembelajaran di sekolah dan kehidupan. . II. Kompetensi Dasar : Mengevaluasi seberapa efektif usaha belajar dapat mengkontribusi untuk sukses di sekolah. Indikator Kognitif : Konten 1. Menyebutkan apa saja kewajiban seorang pelajar 2. Menceritakan pengalaman buruk dalam proses mengerjakan tugas termasuk tugas berbentuk karya ilmiah 3. Menyusun format sebuah catatan tugas Proses 1. Mengidentifikasi penyebab pengalaman saat buruk mengerjakan tugas dan karya ilmiah dengan terburu-buru 2. Mengidentfikasi pentingnya membuat catatan tugas dan perncanaan pelaksanaannya 3. Berperan aktif dalam permainan ”sedang apa” yang dipandu oleh Konselor Afektif : Perilaku berkarakter Percaya diri, bekerja sama, danbertanggungjawab Keteramplan sosial Melakuakn komunikasi meliputi presentasi, bertanya, berpendapat, mendengarkan dengan baik. III. Tujuan Kognitif : Konten 1. Di tanyai tentang apa saja kewajiban seorang pelajar, siswa dapat menjawab yang salah satuny adalah menyeledaikan tugas dan karya ilmiah 2. Diajukan suatu contoh pengalaman, siswa menceritakan pengalaman buruk dalam proses mengerjakan tugas atau karya ilmiah 3. Diberi tugas siswa menyalin susunan format sebuah catatan tugas Proses 1. Dari contoh dan cerita pengalaman tentang proses mengerjakan tugas atau karya ilmiah, siswa dapat mengidentifikasi penyebab pengalaman buruk mengerjakan tugas dan karya ilmiah 2. Dari pengidentifikasian penyebab siswa dapat mengidentfikasi pentingnya membuat catatan tugas dan tanggal pelaksanaannya sebagai solusi 3. Siswa berperan aktif dalam permainan ”sedang apa” yang dipandu oleh Konselor Afektif : Perilaku Berkarakter Terlibat langsung dalam proses konseling yang berpuat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap percaya diri, bekerja sama, jujur dan betanggungjawab. Keterampilan Sosial Terlibat langsung dalam proses konseling yang berpuat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi presentasi, berpendapat, bertanya, mendengarkan atau minimal dinilai membuat kemajuan dengan LP 5 Keterampilan sosial. IV. Topik/ Materi : Membuat buku catatan tugas dan waktu pelaksanaannya (Make Your TaskSchedule) V. Metode : Metode Bimbingan klasikal, Presentasi, diskusi, dan pemberian tugas VI. Kegiatan : Pendahuluan (± 5 menit) Kegiatan Penilaian 1 2 3 4 1. Konselor member salam, menanyakan siswa yang tidak masuk berdoa dan memperkenalkan diri, siswa memperhatikan 2.Konselor mencairkan suasana dengan menampilkan video gerakan “Tweness_ayotirukan” yang harus ditirukan oleh para siswa 2. Menyampaikan judul dan inti tujuan bimbingan meliputi produk, proses, prilaku berkarakter, dan keterampilan sosial secara singkat Inti (± 35 menit) Kegiatan Penilaian 1 2 3 4 1. Dalam keadan siswa duduk di tempat masing-masing guru menanyakan apa saja kewajiban seorang pelajar itu ? mendorong murid percaya diri untuk mengajukan pendapat 2. Dilanjutkan Konselormengajukan 1 contoh pengalaman menyelesaikan tugas dan karyailmiah yang tergesa-gesa karena lupa atau terlalu menumpuk tugas.. siswa dapat memberikan contoh pengalaman yang serupa 3. Konselor mengajak semua siswa berdiri dan bermain permainan sedang apa / kata bersambung, siswa berpartisipasi dengan aktiv dan bertanggungjawab jika ia tidak bias menjawab kata dengan benar 4 Konselor mewacanakan tentang penulisan catatan tugas dan tahap-tahap karya ilmiah sebagai solusi dan siswa mencoba mentelaahnya 6 Konselor menuliskan format catatan tugas dan karya ilmiah di papan dan siswa menyalinnya serta member komentar / bertannya Penutup (± 5 menit) Kegiatan Penilaian 1 2 3 4 1. Konselor mengingatkan siswa untuk mengumpulkan LKS yang telah diisi yakni lembar Task Schedule 2. Konseli menutup sesi bimbingan dengan memutar lagu perpisahan dan mengucapkan salam yang dijawab serentak oleh para siswa VII. Alat dan Sumber Belajar: Sumber : • Bahan bacaan : format “Make Your Task Schedule! “ • File dalam bentuk power point“Make Your Task Schedule” • LP Kognitif • LP Proses Alat : • Labtop • LCD • LKS VIII. Penilaian : 1. Pengamatan terhadap proses layanan Bimbingan dan Konseling • Lembar pengamatan aktifitas siswa 1. Tertulis • LP Kognitif • LP Proses i. Daftar Pustaka : Bobbi DePotter dan Mike Henarcki.2002.QuantumLearning.Bandung:Kaifa. MATERI MAKE YOUR TASK SCHEDULE !! Sebagai seorang Pelajar kita semua memiliki hak dan kewajiban salah satu kewajiban utama pelajar adalah belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan baik tugas yang berbentuksoal Tanya jawaB ataupun berbentuk makalah karya ilmiah. Akan tetapi tak jarang seorang pelajar melalaikan tugas-tugas tersebut dan terlena dengan waktu luang yang sementara menghampirinya.Tak jarang ditemua para siswa yang menjadikan pekerjaan rumah (PR) menjadi pekerjaan sekolah (PS) dikarenakan ia lupa mengerjakan tugasnya. Ada juga yang saat mengerjakan tugas memakai system SKS (system kebut semlam bahkan sejam) intinya banyak para pelajar yang mengalami pengalaman buruk tergesa-gesa dalam mengerjakan tugas yang berakibat nilai dan hasil tugas yang kurang maksimal dan memuaskan Hal-hal yang telah di sebutkan diatas sebenarnya memiliki akar penyebab masalah yakni karena saat kita mendapat tugas kita merasa belum waktunya mengerjakan atau masiha da waktu untuk mengerjakannya padahal wajtu terus saja berjalan dan tugaspun tertumpuk, terlupakan dan akhirnya tergesa-gesa dalam mengerjakan. Apalagi dalam penulisan karyai lmiah dimana ada banyak bab yang harus kita kerjakan dan tidak mungkin dikerjakan dengan system SKS, tugas karya ilmiah karuslah dicicil pengerjaannya dan membutuhkan waktu lebih banyak dari tugas soal biasa. Oleh karena kita harus mengatur waktu pengerjaan tugas kita ..caranya ?? dengan membuat sebuah buku catatan khusus yang berisikan nama-nama tugas dan waktu yang kita alokasikan untuk mengerjakannya serta persiapan apa saja yang harus kita siapkan untuk mengerjakannya. Banyak sekali keuntungan membuat buku catatani ni, antara lain : 1. Mencegah kita lupa akan tugas yang ada 2. Membuat kita dapat merendcanakan apa saja yang akan disiapkan untuk membuat tugas tersebut 3. Membuat kita dapat mengatur prioritas pengerjaan tugas 4. Membantu kita mengerjakan dengan tenang dan tidak dikejar deadline 5. Membantu kita mendapatkan nilai yang baik dan memuaskan 6. Dan masih banyak lagi Berikut format Make Your Task Schedule 1. Cover yang menarik 2. Ukurannya pas disaku 3. Bentuklah table sepertiberikut : no Hari tugas Waktupengumpulan Perkiraan lama pembuatan Bahan yang disiapkan Tanggalpengerjaan Cekkeberhasilan 1 2 3 4 5 6 ... LKS 1. FORMAT MAKE YOUR TASK BOOK ! No Hari tugas Waktu pe- ngumpulan Perkiraan lama pembuatan Bahan yang disiapkan Tanggal pengerjaan Cek ke- berhasilan Lembar Pengamatan Aktvitas Siswa Tujuan : Pengamatan ini akan memusatkan pada bagaimana perilaku siswa ketika berada di dalam kelas atau di dalam kelompok mereka. Frekuensi Aktivitas Siswa 1. Membaca (Mencari informasi dan sebagainya) 2. Mendskusikan tugas 3. Mencatat 4. Mendengarkan penjelasan guru 5. Melakukan simuasi atau praktik 6. Bertanya kepada guru 7. Mempresetasikan, bertanya, menyampaikan pendapat 8. Perilaku tidak relevan Petunjuk : Amati pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling mulai dari pembukaan sampai penutup. Untuk aktivitas 1 s.d. 5 amati salah satu kelompok tertent. Untuk aktivitas 6 s.d. 8 amati seluruh siswa. Bubuhkan tanda tolly pada perlaku yang teramati. Sebagai pengamat seyogyanya anda mengambil tempat di dekat kelompok yang anda amati. Penga Format Pengamatan Perilaku Berkarakter Siswa : Kelas : Tanggal : Petunjuk : Untuk perilaku berkarakter berkut ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini : D= Menunjukkan perbaikan C= Menunjukkan kemajuan B= Memuaskan A= Sangat baik Format Pengamatan Perilaku Berkarakter No Rincian Tugas Kinerja (RTK) D Menunjukkan perbaikan C Menunjukkan kemajuan B Memuaskan A Sangat baik 1. Percaya diri 2. Bekerja sama 4. Bertanggungjawab Silabus RPBK SMA : SMA N 2 BOJONEGORO Mata Pelajaran : Bimbingan Konseling Kelas/Semester : XI/1 Starndar Kompetensi : Siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pembelajaran di sekolah dan kehidupan. . Kompetensi Dasar : Mengevaluasi seberapa efektif usaha belajar dapat mengkontribusi untuk sukses di sekolah. Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Materi Pokok Kegiatan (Pengalaman Bimb.) Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Make Your Task Book (Membuat Buku ctatan tugas) • Menyebutkan apa saja kewajiban seorang pelajar • Menceritakan pengalaman burukdalam proses mengerjakan tugas termasuk tugas berbentuk karya ilmiah • Mengidentifikasi penyebab pengalaman saat buruk mengerjakan tugas dan karya ilmiah dengan terburu-buru • Mengidentfikasi pentingnya membuat catatan tugas dan perncanaan pelaksanaannya • Menyusun format sebuahcatatantugas. Kognitif : Konten 1. Menyebutkan apa saja kewajiban seorang pelajar 2. Menceritakan pengalaman buruk dalam proses mengerjakan tugas termasuk tugas berbentuk karya ilmiah 3. Menyusun format sebuah catatan tugas Proses 1. Mengidentifikasi penyebab pengalaman saat buruk mengerjakan tugas dan karya ilmiah dengan terburu-buru 2. Mengidentfikasi pentingnya membuat catatan tugas dan perncanaan pelaksanaannya 3. Siswa berperan aktif dalam permainan ”sedang apa” yang dipandu oleh Konselor Afektif : Perilaku berkarakter Percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawab Keteramplan social Melakuakn komunikasi meliputi presentasi, bertanya, berpendapat, mendengarkan dengan baik. • Pengamatan terhadap proses Bimbingan a. Dengan lembar pengamatan Aktivitas Siswa • Tertulis b. LP Produk c. LP Proses 45 menit • Bobbi DePotter dan Mike Henarcki.2002.Quantum Learning.Bandung:Kaifa .

0 komentar:

Posting Komentar

 

Designed by Simply Fabulous Blogger Templates Tested by Blogger Templates